Media Platform Baru Sulawesi Barat

Puluhan Pendekar Berkumpul di Unasman, Ada Apa?

0 505

TELEGRAPH.ID, POLMAN – Puluhan Pendekar muda dari berbagai daerah di Sulawesi Barat siap beradu tanding di kejuaraan pencak silat Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Cup 1.

Kejuaraan ini digagas oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pagar Nusa Unasman dan PSNU Polman. Diselenggarakan di Auditorium Prof. Sahabuddin, Unasman.

Meski tergolong kedalam seni bela diri tradisional, rupanya bela diri pencak silat banyak diminati oleh para generasi muda, khusunya yang ada di Kabupaten Polewali Mandar

Terlihat dengan mengenakan pakaian kebesaran pencak silat, puluhan pendekar muda berbaris diatas gelanggang pertandingan yang berlapis matras warna hijau. Mereka sangat antusias mengikuti pembukaan kegiatan.

Pemukulan gong yang dilakukan secara langsung oleh Rektor Unasman, Chuduriah Sahabuddin, didampingi oleh ketua Pagar Nusa Provinsi Sulawesi Barat, Surya Nanda menjadi penanda dimulainya kejuaraan tersebut.

Kejuaraan pencak silat tersebut akan digelar selama dua hari, dari tanggal 19-20 Semptember 2020. Ada tiga kategori yang dipertandingkan yakni Tanding, Seni dan jurus paket Pagar Nusa.

Rektor Unasman Chudurian Sahabudin mengatakan, kejuaraan pencak silat tersebut merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh UKM Pagar Nusa Unasman, setelah disahkan menjadi salah satu UKM di Unasman beberapa waktu yang lalu.

“Pelaksanaan pertama ini tentu akan kita evaluasi, apa yang menjadi evaluasi sehingga pelaksanaan berikutnya itu bisa menjadi pelengkap apa yang kurang pada hari ini,” ungkapnya. Sabtu (19/9/2020).

Menurut chuduriah, hal terpenting dalam kegiatan tersebut ialah dapat menjadi ajang silaturahmi antar seluruh pendekar pencak silat yang ada di Porvinsi Sulawesi Barat.

“Hal ini juga menjadi ajang bagi masyarakat atau anak-anak yang tergabung kedalam pagar nusa dan pencak silat untuk mengenal kampus Unasman,” katanya.

Selain itu, Chuduriah juga menyampaikan bahwa kejuaraan ini menjadi langkah awal bagi UKM Pagar Nusa Unasman melaksanakan sebuah turnamen, ia berharap kegiatan serupa tidak hanya dilaksanakan sampai pada tingkat Provinsi, namun Nasional dan antar perguruan tinggi.

“Unasman akan tetap mendukung hal tersebut karena Pagar Nusa sudah menjadi bagian dari kita kan,” ujarnya.

“Kita berharap agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar sampai pada penutupan nanti,” tutupnya.

(Khadafi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.